Falling Slowly

Tahukah kau apa yang membuat sebuah film romantis begitu manis? Itu karena ada lagu yang diputar. Ada jeda yang tercipta di dalamnya. Waktu yang dibuat berjalan lebih lambat dari semestinya. Tatapan mata dibekukan dalam sepersekian detik. Lengkung senyuman disudutkan dari sisi terbaik. Semua serba dibuat-buat. Hanya saja aku tak yakin cinta kita akan seromantis itu. Namun, rasanya aku sudah jatuh cinta padamu meski belum bisa mengeja namamu.

I don’t know you
But I want you
All the more for that
Words fall through me
And always fool me
And I can’t react
And games that never amount
To more than they’re meant
Will play themselves out
(Falling Slowly – Glen Hansard, Markéta Irglová)

cr: unsplash

Seperti apa rasanya akhirnya bisa menemukanmu dan jatuh cinta padamu? Mungkin memang tak seindah film-film romantis. Cinta kita bisa saja terjadi dengan begitu pelan. Dalam rancangan yang tak pernah bisa kita tebak. Dengan plot yang belum bisa kita raba. Sebab saat ini kita sama-sama masih dalam masa penantian.

Dalam malam-malam panjang, aku pernah menyebut dirimu. Menyebut dirimu dengan kata-kata penuh harapan. Harapan agar kau senantiasa baik-baik saja. Menjalani hari-harimu dengan penuh kesabaran. Selalu diberi kekuatan dan kebaikan dalam setiap langkah. Diteguhkan hati dan perasaan agar saat kita berjumpa kita sudah sama-sama siap melangkah.

Take this sinking boat and point it home
We’ve still got time
Raise your hopeful voice you have a choice
You’ll make it now

(Falling Slowly – Glen Hansard, Markéta Irglová)

cr: unsplash

Kita berada di semesta yang sama. Cuma untuk sementara waktu kita berada di kapal yang berbeda, mengarungi samudera dengan arah yang saling silang. Selama masih ada waktu, jarak dan hambatan akan terlipat dengan sendirinya membuat kita menemukan sebuah titik yang sama.

Dalam penantian ini kita sama-sama punya pilihan. Pilihan untuk terus bersabar atau menyerah saja pada keadaan. Kau mungkin pernah merasa sudah hilang harapan. Berulang kali patah hati dan putus cinta membuatmu ingin tenggelam saja. Tapi hidup bisa dipenuhi banyak kejutan dan kemungkinan, bukan?

Falling slowly, eyes that know me
And I can’t go back
Moods that take me and erase me
And I’m painted black
You have suffered enough
And warred with yourself
It’s time that you won

(Falling Slowly – Glen Hansard, Markéta Irglová)

cr: unsplash

Aku dan kau bisa jadi pernah terluka dan menderita karena hal yang sama. Ada bekas luka yang tak akan pernah bisa hilang di hati kita masing-masing. Saat ini kita pun sedang berjuang untuk berdamai dengan semua luka itu. Kita sama-sama ingin memulihkan diri sendiri sebelum nantinya mata kita bisa saling tatap tanpa dibayangi luka lama.

Pelan-pelan saja, kita bisa jatuh cinta pelan-pelan dulu. Meski saat ini kita hanya bisa jatuh cinta dalam diam. Diam-diam jatuh cinta saling mendoakan dalam hati yang saat ini masih sendirian. Kau dan aku saat ini masih sama-sama sendiri. Sendiri dalam penantian tapi selalu dalam lindungan semesta. Hingga nanti pada suatu hari saat kita bertemu, kita akan sama-sama berbisik, “Apakah kita pernah bertemu sebelumnya?”

Take this sinking boat and point it home
We’ve still got time
Raise your hopeful voice you have a choice
You’ll make it now

Falling slowly sing your melody
I’ll sing along

(Falling Slowly – Glen Hansard, Markéta Irglová)

Penantian ini jangan sampai membuat kita tenggelam. Ada tempat yang harus kita tuju. Ada hati yang harus kita temukan. Juga ada tugas-tugas yang harus kita tuntaskan terlebih dahulu. Pertemuan kita nantinya mungkin tak akan diiringi lagu romantis. Tak ada waktu yang sengaja diperlambat. Tapi kita bakal bisa menyenandungkan melodi yang sama.

Semesta punya cara sendiri menjaga kita dalam penantian. Meski bersabar itu tak mudah, bertahan dalam kesendirian itu terkadang sangat menyiksa, terus jaga harapan kita dalam rajutan doa-doa. Terkadang sesuatu yang indah baru bisa terasa kemegahannya setelah dicari dengan penantian panjang. Pelan-pelan saja, yakinlah Tangan Semesta bakal menautkan hati kita dalam waktu terindah.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.