Film Forgotten: Penuh Teka-Teki dengan Kenyataan yang Justru Menyakitkan

Kalau mood lagi nggak bagus atau justru lagi stres, biasanya pelampiasannya malah nonton film thriller, hehe. Soalnya kalau nonton film thriller atau misteri, otak jadi “dipaksa” mikir keras dan akhirnya bisa melupakan rasa stres atau bad mood yang dirasakan, ya walaupun efeknya cuma sebentar. Tapi setelah nonton dan misteri terpecahkan, otak jadi terasa lebih ringan. Mood pun bisa jadi lebih santai lagi.

Nonton film horor mungkin bisa jadi alternatif buat ngatasi stres. Tapi kalau nonton film barat yang horor, biasanya efeknya saya malah meras mual karena kadang banyak adegan yang menampilkan darah dan lendir (seperti pas nonton IT, efeknya malah mual pas nonton, haha). Sedangkan kalau nonton film horor lokal atau film horor Asia sendirian, duh nggak berani. Nonton Pengabdi Setan di bioskop aja bolak-balik tutup mata, hehe.

Kemarin pilihan saya jatuh pada sebuah film korea, judulnya Forgotten. Pas baca review-nya kayaknya bagus dan pemain utamanya ada Kang Ha-Neul. Jadilah tertarik dan langsung nonton.

cr: asianwiki.com

Cerita dibuka dengan Jin-Seok yang pindah ke rumah barunya bersama kakaknya, Yoo-Seok dan kedua orangtuanya. Karena menderita neurasthenia, Jin-Seok harus minum obat secara rutin agar kondisi mentalnya stabil. Rumah baru yang ditempati pun ternyata cukup misterius. Jin-Seok berulang kali mendengar suara aneh dari sebuah kamar tertutup. Ia pun sering mendapat mimpi aneh dalam tidurnya.

Suatu malam di tengah hujan, Jin-Seok melihat kakaknya diculik oleh sekelompok pria asing. Berbagai upaya dilakukan untuk melacak keberadaan Yoo-Seok tapi nihil. Sampai 19 hari kemudian, Yoo-Seok kembali ke rumah. Tapi ada yang aneh, Yoo-Seok seperti orang lain. Ada beberapa hal yang menurut Jin-Seok mencurigakan. Selain itu, mimpi-mimpi aneh terus hadir dalam tidur Jin-Seok.

Di sepertiga awal film ini ada kesan horor. Saya sempat dibuat kaget sampai loncat sendiri dari kursi dengan beberapa adegannya, duh nonton sendiri kaget sendiri jadinya sampai malu sendiri, haha.

Dari awal sudah ada banyak teka-teki. Semua serba misterius, ya rumahnya, ya kakaknya, ya kedua orangtuanya. Bahkan Jin-Seok sendiri juga tampak misterius.

Kembalinya Yoon-Seok ke rumah setelah penculikan akhirnya perlahan mengungkap kenyataan yang sebenarnya. Ternyata ada misteri besar dalam diri Jin-Seok yang disembunyikan. Sempat dibuat salah kira, tadinya saya pikir si ini yang misterius tapi ternyata si itu (takut spoiler, hehe).

Kesan film yang tadinya horor berubah jadi lebih misterius. Ada masa lalu yang diungkap. Sampai kemudian ada luka yang kembali terungkap. Ada kaitannya juga dengan rumah baru yang ditempati Jin-Seok dengan keluarganya.

Di sepertiga akhir film, hiks kesannya malah mengharukan. Masing-masing tokoh mulai “melepaskan topengnya”. Kebenaran dan kenyataan yang sesungguhnya pun mulai terungkap. Ingatan yang tadinya sengaja dihapus mulai kembali. Ingatan yang awalnya sudah dikubur dalam-dalam malah terungkap lagi.

Plot twist-nya benar-benar keren. Berbagai teka-teki yang penuh tanda tanya akhirnya terjawab di sisa ceritanya. Terungkapnya konflik dan sumber masalah utamanya benar-benar di luar dugaan. Dan endingnya, duh bikin hati teriris.

Dari film ini, saya mendapat kesan bahwa terungkapnya fakta dan kenyataan ternyata tak selalu jadi solusi terbaik. Mengetahui sebuah kebenaran malah bisa membuat luka jadi melesak lebih dalam. Mengubur sebuah ingatan dengan ingatan sendiri kadang jadi perisai yang bisa melindungi diri sendiri. Kalau sudah begini, tampaknya solusi terbaik adalah untuk tetap menyembunyikan sebuah luka agar bisa tetap melanjutkan hidup.

Oh iya, satu lagi pesan penting yang saya dapat dari film ini. Jangan minum obat sembarangan! Ya pokoknya itu penting.

Forgotten ini memang sangat berkesan 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.