Gimana Cara Ampuh Mengatasi Stres?

Stres itu kadang nggak bisa dihindari. Tapi stres itu bisa “dikelola”. Dalam arti kita bisa selalu mencoba untuk mengatur kadarnya. Cuma masalahnya kadang stres yang dialami terlalu berat, sampai sulit untuk dikendalikan lagi, hm… pernah nggak mengalami yang seperti itu?

Kalau ditanya bagaimana cara mengatasi stres yang paling efektif, jawabannya pasti macem-macem. Tiap orang punya caranya sendiri untuk mengatasi stres ini. Ada yang justru mencari keramaian saat stres. Nggak sedikit pula yang mencari ketenangan ketika sedang stres.

Kalau aku sendiri, salah satu cara terbaik mengatasi stres itu dengan jalan-jalan ke alam terbuka. Entah itu blusukan ke hutan atau sekadar trekking sebentar. Bikin capek sih, tapi justru rasa capeknya itu yang dicari. Setidaknya energi negatif yang ada di dalam tubuh bisa ikut keluar dengan rasa capek yang dialami (iyakan saja ya, hehe).

foto candid ala-ala by: @anindyafebi

Kalau dulu, zaman masih kuliah punya “geng” mbolang yang bisa diajak main-main ke air terjun. Pas ada waktu liburan, biasanya keluyurannya ke hutan. Tapi sekarang, ya satu per satu sudah pada nikah dan punya anak. Nggak mungkin bakal bisa ngajak para ibook-ibook untuk main ke hutan kayak dulu lagi.

Pas udah kerja (dengan tingkat stres yang kerap meningkat), agak susah nyari teman yang bisa diajak jalan-jalan. Kalaupun ada, susah juga nyari jadwal yang pas. Akhirnya sih kadang memutuskan buat jalan-jalan sendiri. Atau bareng 2-3 temen untuk main-main ke hutan.

pemandangannya bagus ya, hehe. by: @anindyafebi

Ada temen yang ngilangin stresnya dengan cara belanja atau ngemall. Ada yang melampiaskannya dengan ngemil atau banyak makan. Ada juga yang lebih positif dengan ikut olahraga zumba. Bahkan mungkin yang lebih sederhana, ada yang milih untuk diam di rumah nggak ngapa-ngapain aja seharian untuk menghilangkan stres.

Nyanyi atau karaokean juga bisa jadi penghilang stres. Cuma kalau aku sih nggak suka ke tempat karaoke. Bukannya nggak suka musik, sih. Hanya saja nggak betah dengan berada di ruangan yang cukup sempit dengan suara musik yang bikin pusing. Belum lagi kalau ada temen yang ngerokok, tambah stres jadinya. Cukup di rumah aja punya tetangga yang hobi nyetel musik dangdut keras-keras dan nggak aturan, jadi kalau keluar rumah lebih suka nyari tempat yang tenang.

credit: pixabay.com

Ada beberapa kegiatan yang biasanya kupilih buat menghilangkan stres. Selain jalan-jalan (traveling), biasanya nonton film, nonton drama, masak, bersih-bersih kamar, hingga tidur-tiduran aja sepanjang hari, hehe. Pokoknya melakukan kegiatan yang berbeda dari rutinitas biasanya aja.

What about you? Do you have any tips on how to relieve your stress effectively?

2 thoughts on “Gimana Cara Ampuh Mengatasi Stres?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.